02 OCT 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 101 DILIHAT

Wajib Tahu! 5 Fakta Mikrobioma Usus

Mengetahui lebih banyak tentang mikrobioma usus akan membantumu
memahami kesehatan ususmu. Cek 5 fakta ini, yuk!

  1. Mikrobioma usus mengandung sekitar 100 triliun bakteri dan beratnya sekitar 2 kg
    Mikrobioma ada di mana-mana, namun usus mengandung jumlah dan spesies bakteri terbanyak. Ada sekitar 100 triliun mikroba di usus yang mencakup sebanyak 5.000 spesies bakteri yang berbeda dan beratnya sekitar 2 kilogram.

  2. Mikrobioma usus berada di usus, bukan lambung
    Mikrobioma usus berada di usus karena lingkungan lambung terlalu asam bagi bakteri untuk bertahan hidup. 95% bakteri usus kita hidup dan berfungsi di usus besar.

  3. Sekitar 70% sistem kekebalan tubuh kita berada di usus
    Sistem gastrointestinal berperan penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Dinding usus dilapisi dengan lendir yang mengandung sekitar 70% sel kekebalan tubuh (GALT). Mikrobioma usus yang sehat mendukung perkembangan sel kekebalan dan penyempurnaan respons kekebalan.

  4. Usus memiliki “otak” sendiri
    Sistem saraf enterik (ENS) adalah bagian dari keseluruhan sistem saraf pusat (SSP) dan mengendalikan fungsi saluran gastrointestinal (GI). Sistem saraf tepi (SSP) disebut sebagai otak kedua karena dapat beroperasi secara independen dari sistem saraf pusat (SSP) dan terlibat dalam banyak gangguan GI.

  5. Apa yang kita makan memengaruhi mikrobioma ususSelain mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik, seperti asinan kubis dan kefir, serat merupakan salah satu nutrisi utama untuk mendukung pertumbuhan bakteri usus. Dukung juga dengan minuman serat seperti NutriliteTM Hi-Fiber bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harianmu.
  • NutriliteTM Hi-Fiber Powder yang mengandung serat larut dan tidak larut.
  • Nutrilite™ Hi-Fiber Powder merupakan perpaduan unik dari 3 sumber alami serat (ekstrak chicory, guar gum, dan maltodekstrin) yang dikemas dalam bentuk sachet yang praktis.
  • Dalam setiap sachet Nutrilite™ Hi-Fiber Powder mengandung 4 gram serat larut dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, maksimalkan kesehatan usus dengan mengonsumsi NutriliteTM Hi Protein All Plant, minuman tinggi protein dari kombinasi kacang kedelai, polong, dan biji gandum yang mengandung asam amino esensial. Plus, konsumsi Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus untuk membantu menyehatkan mikrobioma usus.

Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4191858/